Definisi dan sejarah roda

Roda, siapa yang tidak tahu benda yang satu ini. Sehari hari kita melihat bahkan menggunakan benda tersebut. Roda juga merupakan komponen penting dari sebuah sepeda. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang definisi dan sejarah sepeda

Definisi

Roda ialah objek berbentuk lingkaran, yang bersama dengan sumbu, dapat menghasilkan suatu gerakan dengan gesekan kecil dengan cara bergulir. Contoh umum ditemukan dalam penerapan dalam transportasi. Istilah roda juga sering digunakan untuk objek-objek berbentuk lingkaran lainnya yang berputar seperti kincir air.

Sejarah

Masih menjadi pertanyaan kapan dan dimana roda pertama kali ditemukan. Tetapi, secara umum diyakini roda dimulai dari batang kayu yang digelindingkan. Dari sana, roda menjadi penampang lintang batang kayu, roda yang cukup berat dan mudah pecah namun setidaknya dapat menggelinding.
Piktograf yang berasal dari Sumaria, sekitar tahun 3500 SM menggambarkan roda pertama adalah tiga papan yang disatukan dan dipahat membentuk lingkaran. Ini jelas cara yang lebih mudah untuk membuat roda dibandingkan dengan lempengan utuh, mengingat roda lebih dulu ada dibandingkan jalan.

Sekian ulasan mengenai definisi dan sejarah roda. Semoga bermanfaat bagi kita semua

salam gowes
AIG crew


Previous
Next Post »