Jepang dan sepeda

Jepang dan sepeda, mendengar kedua kata tersebut mungkin kita akan langsung bisa membayangkan batapa eratnya kedua kata tersebut. Benar sekali,dijepang kita sering melihat pemandangan masyarakat disana menggunakan alat transportasi sepeda padahal jepang merupakan negara maju. Kenapa ya kira-kira masyarakat disana lebih senang menggunakan sepeda dibanding kan sepeda motor dan mobil?

Jepang memang merupakan negara maju dan menjadi produsen sepeda motor dan mobil paling besar didunia. Akan tetapi itu tidak menjadi alasan mereka harus menggunakan alat transportasi tersebut untuk kegiatan sehari-hari. Masyarakat disana cenderung peduli dengan alam, selain tidak mencemari lingkungan penggunaan sepeda juga dapat menghemat biaya. Tidak dipungkiri biaya pajak dan parkir dijepang sangatlah mahal. Mereka harus berpikir dua kali jika ingin membeli sepeda motor atau mobil. Kan dengan bersepeda badan dapat sekaligus berolahraga, dengan berolahraga badan pun menjadi sehat.

Nah pertanyaannya. Apakah bisa diIndonesia akan mencontoh hal positif dari negara jepang tersebut? Tentunya jika ingin hal tersebut diIndonesia marilah mulai sekarang tanamkan jiwa peduli alam dan budaya hemat dengan memulai contoh kecil yang bermanfaat seperti halnya menggunakan sepeda untuk transportasi sehari-hari jika memang jarak tempuh kita tidak terlalu jauh, toh bersepeda juga dapat membuat badan kita menjadi lebih sehat.

Sekian, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua
salam gowes
AIG crew

Previous
Next Post »