Perbedaan sepeda Fixie dan Roadbike

Banyak orang yang bertanya tanya apa sih perbedaan sepeda fixie dan roadbike? Dari pertanyaan tersebut kita sering membanding bandingkan antara kedua jenis sepeda tersebut. Kalau yang belum sempat membandingkan dan belum tahu perbedaan diantara keduanya jangan khawatir. Kali ini admin akan menjelaskan perbedaannya. Langsung saja cekidot.


Perbedaan sepeda fixie dan roadbike

Secara umum kedua jenis memang memliki ciri fisik yang hampir sama, namun perbedaannya terletak pada komponen sepeda tersebut. Kita tahu bahwa roadbike memiliki komponen yang lengkap seperti memiliki : shifter, Rear Derailleur (RD) dll. Jenis sepeda roadbike memang dikhususkan dirancang untuk melaju dengan cepat, jadi komponen tersebut memang dibutuhkan agar efisiensi kayuhannya lebih baik dan lebih cepat. Sedangkan sepeda fixie mempunyai komponen sepeda yang lebih simple, bayangkan saja. Jenis sepeda fixie hanya memiliki komponen frame,stang,ban,velg,sadel . Simple bukan? karena jenis sepeda ini tidak diperukkan melaju dengan cepat seperti roadbike. Perbedaan lain terletak pada gear, namanya saja sepeda fixie. Fixie diambil dari kata fixed yang berarti gear belakang fixed atau tidak dinamis. Jadi kalau menggunakan sepeda fixie dan memutar gear kebelakang ya itu sama saja sepedanya mundur kebelakang. Disitulah keunikan sepeda ini.

Nah sekarang sudah tahu  kan perbedaan antara sepeda fixie dan roadbike? perbedaaan apapun semoga tidak menjadikan penggemar antara kedua sepeda tersebut saling membesarkan ego masing-masing. Toh yang penting bisa gowes. Ya kan? (y) hehe damai untuk semua.

salam gowes
AIG crew
Previous
Next Post »