Jenis stang pada sepeda fixie

Sepeda fixie merupakan jenis sepeda yang unik. salah satu keunikannya dilihat dari bentuk stang sepeda tersebut. Berikut informasi tentang jenis stang pada sepeda fixie :


Flat bar

Stang jenis kedua ini merupakan yang paling banya dipakai. Selain karena stang ini nyaman digunakan, sepeda fixie juga pada hakekatnya menggunakan stang model ini. Mudah digunakan untuk trick.

Ada beberapa bentuk dari stang biasa ini. Hal ini dilihat dari tinggi lekukan stang. Stang pada gambar diatas itu merupakan jenis lekukan rendah. Ada jenis lekukan tinggi. Ada juga yang tanpa lekukan alias lurus.

Bullhorn

Stang jenis ini adalah stang dengan bentuk menjulang ke depan. Bisa kita sebut dengan tanduk. Stang jenis ini termasuk jarang yang menggunakan mungkin karena bentuknya yang kurang memberi kesan sporty. Namun stang jenis ini mudah untuk digunakan.
Manfaat stang jenis bullhorn :
1. Memberikan kenyamanan tersendiri ketika menemui trek tanjakan
2. Memungkinan tubuh untuk bernafas lebih nyaman, karena bagian atas tubuh terbuka
3. Beberapa model Bullhorn dapat melindungi tangan anda ketika jatuh (posisi tangan normal)
4. Membantu mencegah kelelahan (fatigue) dengan menawarkan lebih banyak variasi posisi tangan
5. Sedikit banyak membantu menambah kecepatan, karena posisi pengendara menjadi lebih menunduk.

Drop bar

Nama lain dari stang di atas adalah stang balap karena memang sepeda ini lazim digunakan untuk sepeda balap. Stang jenis ini cocok untuk dipasang di sepeda fixie karena memang basic frame dari sepeda fixie merupakan frame balap.
Stang jenis ini digunakan untuk pemakaian wajar sepeda, bukan untuk trick, karena akan selit melakukan trick dengan stang jenis ini. Karena bentuknya yang melengkung ke bawah stang jenis ini cukup sulit digunakan apabila menggunakan stem bangau yang panjang ke depan. Apabila menggunakan stem jenis tersebut cukup sulit untuk mengendalikan arah roda dengan stang drop.

Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat
Previous
Next Post »