Tips pola makan dalam kegiatan bersepeda

Setiap kegiatan pasti memerlukan energi, begitu pula saat bersepeda. Jika kita kurang energi saat bersepeda akan dapat menyebabkan tubuh kita menjadi pusing bahkan dapat menyebabkan pinsan. Begitu pula sebaliknya, jika terlalu banyak makan  maka akan menyebabkan lemas dan turunnya mood saat bersepeda

Pola makan ideal sangat penting bagi pesepeda, pola makan akan berdampak besar pada aktifitas yang rutin dijalankan. Pengaturan pola makan menjadi penting. Baik secara pemilihan makanannya atau pun secara jumlahnya. Lalu apa saja menu ideal saat bersepeda ? mari kita simak ulasan berikut :

Sebelum bersepeda
Sebelum melakukan kegiatan bersepeda baiknya kita makan terlebih dahulu, dengan porsi 1/3 dari makanan yang dikonsumsi harus mengandung sumber energi yang baik, seperti beras merah, sedang 1/3-nya lagi dapat mendukuing kesehatan, seperti sayuran, buah-buahan maupun salad dan sisanya merupakan fungsi makanan (adalah protein seperti ikan, telur dan daging).

Saat bersepeda
Pada aktifitas bersepeda jarak jauh diperlukan 60g karbohidrat per jam. Anda bisa mendapatkannya dari minuman, gel atau membuat cemilan lain. Tidak heran jika Anda lihat dalam sebuah perlombaan/balap sepeda, seorang atlit terlihat tidak segan-segan mengantongi pisang pada kantong jerseynya.

Setelah bersepeda
Setelah anda berlatih sepeda disarankan untuk makan karbohidrat sebanyak 20 - 50 gram, selain itu makan juga protein sebanyak 10 - 20 gram. Kenapa? karena nutrisi itu mampu memulihkan stamina dan energi anda. Kisaran di atas memberikan anda pedoman pemenuhan gizi sesuai ringan atau kerasnya anda beraktifitas beolahraga bersepeda. Contoh makanan: telur (6 gram protein), roti (12 gram karbohidrat).

Kebutuhan nutrisi sesuai berat badan
Diet anda diharuskan memenuhi atau mempertimbangkan seberapa berat badan anda saat ini. Untuk itu anda perlu simak informasi berikut; badan membutuhkan karbohidrat 4-8 gram per kilo gram dari berat badan, kebutuhan protein 1,5-2 gram/kilo gram berat badan dan kebutuhan lemak sekitar 1-2 gram/kilo gram berat badan.

Demikianlah tips mengenai nutrisi dalam kegiatan bersepeda, jika ada kritik dan saran mengenai ulasan admin diatas maka akan sangat berguna bagi admin dan semuanya demi kemajuan bersama.

Previous
Next Post »